Makna Jerat-Jerat Syaithon

Soal 2 : Apakah yang dimaksud dengan perangkap atau jerat-jerat syaithon?

Jawab : Jerat atau perangkap syaithon adalah setiap perbuatan maksiat, perbuatan syahwat yang diharamkan, keraguan dan lemahnya iman, dan saling bekerjasama dalam berbuat keburukan. Dan setiap wasilah/perantara dan jalan yang bisa mengantarkan seseorang kedalam perbuatan yang diharamkan, seperti melihat kepada apa-apa yang tidak boleh untuk dilihat dari wanita-wanita yang bukan mahram, gambar-gambar porno/tidak senonoh, film-film dan lawak. Dan mendengar kepada apa-apa yang tidak boleh didengar seperti mendengarkan musik/nyanyian dan seruling (alat musik), menggunjing (ghibah) dan mengadu domba, memaki/mencela dan perkataan yang kotor dan keji.
Dan dengan kalimat yang ringkas dapat dikatakan bahwa setiap perbuatan yang munkar adalah jerat-jerat syaithon yang dengan jerat-jerat itu syaithon akan berupaya menjerat bani adam sehingga mereka bisa terjatuh bersama-sama syaithon masuk ke dalam neraka.

( Diterjemahkan oleh Al Akh Abu Sulaiman dari Majmu’ Fataawa Syaikh Sholeh bin Fauzan bin Abdillah Alu Fauzan, Muraja’ah Al Ustadz Abu ‘Isa Nurwahid )

Sumber : Buletin Dakwah Al-Atsary, Semarang Edisi 19/1427
Dikirim via Email Oleh Al Akh Dadik

Author: Admin